Saturday, November 14, 2015

Teknik Budidaya Buah Naga

Selamat sore Om dan tante,, bagaimana kabar anda pada sore hari ini,, semoga Om dan tante dalam keadaan baik-baik saja ya,,, 
Om dan tante kali ini saya akan membahas bagaimana Teknik budidaya buah Naga yang mudah dan Benar..

Baiklah Om dan tante langsung saja saya akan menjelaskan tekniknya seperti di Bawah ini .....

Om dan Tante sekalian....
teknik budidaya buah naga bisa dilakukan di Pot Maupun di lahan Biasa. Buah naga sendiri terdiri dari 4 jenis buah naga Yaitu Buah Naga Kulit Merah isi Putih, Buah Naga kulit merah dengan isinya berwarna merah, Buah Naga Kulit merah dengan isi merah keunguan dan Buah naga dengan kulit kuning.
Image result for Buah Naga
Image result for Buah NagaImage result for Buah Naga

Om dan tante .....
Buah naga dikenal memiliki antioksidan yang terkandung didalamnya. Banyak orang memanfaatkan buah naga berwarna merah ini untuk meningkat daya tahan tubuh dan stamina serta untuk menjaga kesehatan. 

Om dan tante,, 
Tanaman buah naga dikenal dengan tanaman yang merambat sehingga dibutuhkan tiang sebagai penopangnya. Tanaman Buah naga ini dikenal dengan tanaman yang mampu menyimpan air, karena sesungguhnya lingkungan hidupnya ini adalah di tempat yang kering, jadi jika terlalu banyak air tanaman naga ini akan terus menyerap air sehingga tanamannya akan menjadi busuk...

Om dan tante sekalian ...
jadi sebelum kita melalukan budidaya tanaman buah naga ini paling tidak kita harus menyiapkan Hal-hal sebagai berikut ini........
  • Lahan Dan Tiang Penopang

Image result for lahan Buah Naga
saya kira, jika kita ingin melakukan budidaya tanaman tentunya Lahannya sudah tersedia, baik itu kita menggunakan Pot pasti juga akan membutuhkan lahan. Jadi hal itu menurut saya haruslah sudah tersedia tanpa harus menjelaskan atau menyebutkannya...

Om dan tante sekalian......

Yang perlu ditambahkan disini adalah tiang yang akan kita gunakan sebagai penopang tanaman ini.

siapkan juga tiang penopang yg akan menjadi batang cadangan bagi tanaman naga. Anda bisa memilih tiang beton maupun kayu dengan ukuran 10 cm x 10 cm. Ketinggian dari tiang penopangnya adalah 2 meter dengan ditancapkan ke dalam tanah sebanyak setengah meter. Kemudian, beri besi dengan bentuk lingkaran di bagian ujung tiang tersebut. Fungsinya adalah untuk menahan batang dari tanaman naga. Kemudian, Anda juga bisa membuat lubang dengan ukuran 40 cm pada masing-masing panjang, lebar, serta tingginya. Buat lubang dengan jarak tanam sepanjang 2 m x 2,5 m. Dalam satu hektar tanah, Anda bisa membentuk lubang mencapai 2000 lubang. Pada tiap pohon atau tiang penopang dibuat sebanyak 3 hingga 4 lubang tanam dgn jarak masing-masingnya adalah 30 cm (dari tiang penyangga). Setelah itu, berilah pupuk kandang dgn ukuran 5 hingga 10 kg yg dicampur media tanah. 

  • Bibit serta penanaman
Image result for bibit buah naga

Ada dua tips budidaya tanaman buah naga, yakni melakukan teknik stek serta biji. Jika Anda memilih biji maka bibit bisa ditanam setelah usianya 3 bulan. Sementara teknik stek membutuhkan batang tanaman 25 hingga 30 centimeter.

Pengairan serta pemupukan

Image result for pengairan dan pemupukan buah naga
Selanjutnya adalah tahap perawatan, pengairan bisa dilakukan satu hingga 2 hari sekali, jangan terlalu berlebihan. Sementara itu, pupuk kandang bisa ditebar 3 bulan sekali dgn ukuran 5 hingga 10 kg.

Pembersihan gulma

Image result for pembersihan buah naga
Jangan lupa untuk membersihkan gulma. Membersihkan gulma sangat penting  agar pertumbuhan tanaman Anda lebih baik. Biasanya dengan adanya gulma ini akan mengganggu pertumbuhan tanaman buah naga ini karena tanaman ini berkompetisi dalam menyerap unsur hara tersedia dalam tanah. Itulah mengapa gulma harus dibersihkan.

Pemangkasan

Image result for pemangkasan buah naga

Jika batang dari tanaman naga sudah 2 meter atau setinggi tiang penyangganya, tiba saatnya Anda memangkas. Kemudian dimunculkan 2 batang atau cabang sekunder, dari situ batang ditumbuhkan hingga terbentuk 2 cabang lagi yg disebut cabang tersier.

Nah itulah sedikit Tips Teknik Budidaya Buah naga

No comments:

Post a Comment